Senin, Maret 03, 2008

KISAH PENCIPTAAN MANUSIA


A. Awal Penciptaan Manusia


Manusia pertama kali ( Adam dan Hawa ) diciptakan oleh Allah SWT dari tanah. Allah menjelaskan hal ini dalam Ayat-Ayat berikut :

1. Q.S. AL IMRAN (3) : 59







" Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), Maka jadilah Dia ".

2. Q.S. AL AN'AAM (6) : 2







" Dialah yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya), kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu) ".

3. Q.S. AL A'RAAF (7) : 12





" Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang Dia Engkau ciptakan dari tanah".

4. Q.S. AL HIJR (15) : 26










" Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk ".

5. Q.S. AL HIJAR (15) : 28 - 29




(28) . " Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk ",

(29). " Maka apabila aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, Maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud ".

Dimaksud dengan sujud di sini bukan menyembah, tetapi sebagai penghormatan.

6. Q.S. AL HIJR (15) : 33



" Berkata Iblis: "Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk"

7. Q.S. AL ISRAA' (17) : 61


" Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada Para Malaikat: "Sujudlah kamu semua kepada Adam", lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: "Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah ?"

8. Q.S. AL KAHFI (18) : 37




" Kawannya (yang mukmin) berkata kepadanya - sedang Dia bercakap-cakap dengannya: "Apakah kamu kafir kepada (tuhan) yang menciptakan kamu dari tanah, kemudian dari setetes air mani, lalu Dia menjadikan kamu seorang laki-laki yang sempurna ?"

9. Q.S. AL THAAHAA (20 ) : 55

" Dari bumi (tanah) Itulah Kami menjadikan kamu dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu dan daripadanya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain,

10. Q.S. AL HAJJ (22) : 5




" Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), Maka (ketahuilah) Sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya Dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. dan kamu Lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah ".

11. Q.S. AL MU'MINUN (23) : 12

" Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah ".

12. Q.S. AL FURQAAN (25) : 54

" Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air lalu Dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah*) dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa ".

*) Mushaharah artinya hubungan kekeluargaan yang berasal dari perkawinan, seperti menantu, ipar, mertua dan sebagainya.


13. Q.S. AR RUUM (30) : 20




" Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak ".

14. Q.S. AS SAJDAH (32 ) : 7

" yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah ".

15. Q.S. FAATHIR (35) : 11


" Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah. "

16. Q.S. ASH SHAAFFAT ( 37 ) : 11


" Maka Tanyakanlah kepada mereka (musyrik Mekah): "Apakah mereka yang lebih kukuh kejadiannya ataukah apa[1273] yang telah Kami ciptakan itu?" Sesungguhnya Kami telah menciptakan mereka dari tanah liat ".

[1273] Maksudnya: malaikat, langit, bumi dan lain-lain.


17. Q.S. SHAAD ( 38 ) : 71

" (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah".

18. Q.S. SHAAD ( 38 ) : 76

" iblis berkata: "Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah".

19. Q.S. AL MU'MIN ( 40 ) : 67


" Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami(nya) ".

20. Q.S. AR RAHMAAN ( 55 ) : 14


" Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar ",

21. Q.S. NUH ( 71 ) : 17

" dan Allah menumbuhkan kamu dari tanah dengan sebaik-baiknya ",




B. Penciptaan Manusia Berikutnya (Sistem Reproduksi Manusia)

Penciptaan manusia berikutnya setelah Adam dan Hawa adalah melalui proses reproduksi manusia, yaitu melalui bertemunya sel telur dengan sel sperma di dalam rahim. Allah menerangkannya berdasarkan Ayat-Ayat berikut :

1. Q.S. AN NISAA' ( 4 ) : 1


" Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya[263] Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain[264], dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi
kamu ".

[263] Maksud dari padanya menurut jumhur mufassirin ialah dari bagian tubuh (tulang rusuk) Adam a.s. berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim. di samping itu ada pula yang menafsirkan dari padanya ialah dari unsur yang serupa Yakni tanah yang dari padanya Adam a.s. diciptakan.
[264] Menurut kebiasaan orang Arab, apabila mereka menanyakan sesuatu atau memintanya kepada orang lain mereka mengucapkan nama Allah seperti :As aluka billah artinya saya bertanya atau meminta kepadamu dengan nama Allah.

2. Q.S. AL AN'AAM ( 6 ) : 98


" Dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri[493], Maka (bagimu) ada tempat tetap dan tempat simpanan[493]. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda kebesaran Kami kepada orang-orang yang mengetahui ".

[493] Maksunya: Adam a.s.
[493] Maksunya: Adam a.s.


3. Q.S. AL A'RAAF ( 7 ) : 189


" Dialah yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan dari padanya Dia menciptakan isterinya, agar Dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, isterinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah Dia merasa ringan (Beberapa waktu). kemudian tatkala Dia merasa berat, keduanya (suami-isteri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: "Sesungguhnya jika Engkau memberi Kami anak yang saleh, tentulah Kami terraasuk orang-orang yang bersyukur".

4. Q.S. AN NAHL ( 16 ) : 4

" Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata ".

5. Q.S. AN NAHL ( 16 ) : 72


" Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezki dari yang baik-baik. Maka Mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah ?"

6. Q.S. AL HAJJ ( 22 ) : 5


" Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), Maka (ketahuilah) Sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya Dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. dan kamu Lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah ".

7. Q.S. AS SAJDAH ( 32 ) : 8

" kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina ".

8. Q.S. FAATHIR ( 35 ) : 11


" dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah ".

9. Q.S. AL MU'MIN ( 40 ) : 67


" Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami(nya) ".

10. Q.S. ASY SYUURA ( 42 ) : 11


" (dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan- pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha mendengar dan melihat ".

11. Q.S. NUH ( 71 ) : 14


" Padahal Dia Sesungguhnya telah menciptakan kamu dalam beberapa tingkatan kejadian[1519].

[1519] Lihat surat Al Mu'minun ayat 12, 13 dan 14

12. Q.S. AL QIYAAMAH ( 75 ) : 37

" Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim) ",

13. Q.S. AL QIYAAMAH ( 75 ) : 39

" lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan ".


14. Q.S. AN NABA' ( 78 ) : 8

" dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan, "

15. Q.S. ATH THAARIQ ( 86 ) : 5 - 7

5. Maka hendaklah manusia memperhatikan dari Apakah Dia diciptakan?
6. Dia diciptakan dari air yang dipancarkan,
7. yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan.

16. Q.S. AL LAIL ( 92 ) : 3



" dan penciptaan laki-laki dan perempuan, "

Mudah-mudahan dengan mengetahui asal muasal manusia, keimanan kita sebagai manusia akan lebih meningkat dan selalu mendekatkan diri kepada Allah yang Maha Pencipta dan Maha Kuasa atas segala sesuatu. Kita juga patut bersyukur karena Allah SWT telah menciptakan manusia sebaik-baik makhluk.


" Dia menciptakan langit dan bumi dengan haq. Dia membentuk rupamu dan dibaguskanNya rupamu itu dan hanya kepada Allah-lah kembali(mu) ". ( Q.S. At Taghaabun (64) : 3 )

" Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya ". (Q.S. At Tiin (95) : 4 )



( Keterangan : Ayat Al Qur'an diambil dari program Holly Qur'an dan terjemahannya diambil dari Software Plug-In Al qur'an untuk MS Word ).

Tidak ada komentar: